PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan model terbaru supersport andalannya, CBR1000RR-R Fireblade versi 2024, Rabu (25/9/2024).

Model anyar ini tetap mempertahankan filosofi Total Control yang menjadi ciri khasnya. Kekuatan ini dipadukan dengan perubahan desain dan teknis yang meningkatkan performa serta kenyamanan pengendara.

Salah satu daya tarik utama dari motor ini adalah peningkatan sektor aerodinamika. Terlihat dari pemakaian winglet baru yang dirancang untuk menghasilkan downforcce lebih besar. Hal ini meningkatkan stabilitas pengereman serta memberikan grip yang lebih konsisten pada bagian depan, terutama saat melewati tikungan berkecepatan tinggi.

Selain itu, desain fairing bawah baru kini mampu mengurangi aliran udara di sekitar ban belakang, yang berdampak positif pada peningkatan handling motor di berbagai situasi berkendara. Desain ini mencerminkan motor balap sejati, memberikan kestabilan lebih baik di kecepatan tinggi serta mengurangi hambatan angin, baik saat akselerasi maupun menikung.

Tangki bahan bakar juga telah diubah bentuknya agar lebih ergonomis, memungkinkan pengendara mendapatkan cengkeraman lutut yang lebih baik dan meningkatkan kapasitas bahan bakar.

Pada sektor mesin, kompresi mesin telah ditingkatkan dari sebelumnya 13,4:1 menjadi 13,6:1, yang berkontribusi pada peningkatan performa. Mesin berkapasitas 999,9 cc DOHC 4-silinder inline ini tetap menjadi inti dari performa tinggi CBR1000RR-R Fireblade, dengan tenaga maksimum 160 kW (215 dk) @14.000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm @12.000 rpm. CBR1000RR-R Fireblade kembali mengusung konfigurasi Bore x Stroke yang sama dengan RC213V, yaitu 81 x 48,5 mm.

Untuk menghadirkan kontrol akselerasi dan deselerasi yang lebih mulus, CBR1000RR-R Fireblade disematkan sistem Throttle by Wire terbaru dengan dua motor, yang mampu memberikan respons lebih presisi saat mengendalikan tenaga mesin serta engine braking.

Teknologi ini diklaim akan memastikan pengendara dapat merasakan akselerasi yang halus sekaligus mengoptimalkan deselarasi di berbagai situasi.

Suspensi depan dan belakang dipercayakan kepada Showa Adjustable, yang tetap menawarkan kenyamanan berkendara, namun dengan berbagai pengaturan.

Untuk menghentikan lajunya, terpasang kaliper depan Nissin dengan cakram besar. Ditambah fitur Anti-Lock Braking System (ABS) yang menawarkan tiga mode terbaru, yaitu Sport, Track, dan Standard untuk menyesuaikan penggunaan di sirkuit maupun jalan raya.

Fitur-fitur unggulan lain yang memberikan pengalaman berkendara maksimal masih dipertahankan, seperti pengaturan riding mode, kontrol traksi HSTC, serta Wheelie Control untuk menjaga kestabilan saat akselerasi cepat.

Sensor advance Inertia Measurement Unit (IMU) 6-Axis mampu mengukur posisi motor dalam enam axis (sumbu). Peranti ini bekerja bersama Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang mempunyai tiga mode pengaturan (hard, medium, soft), berguna untuk menambah stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi dan menikung.

“Berbagai ubahan terbaru kami yakini dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan menantang, baik di jalan raya maupun sirkuit. Layanan premium kami melalui jaringan Honda Big Wing juga siap mendukung para pengguna CBR1000RR-R Fireblade dengan pengalaman purna jual terbaik,” ujar Octavianus Dwi, Marketing Director PT AHM.

Soal harga, Honda CBR1000RR-R Fireblade STD denngan pilihan warna Honda Tricolor dibanderol Rp 798 juta on the road Jakarta.