Hyundai Santa Fe generasi ke-4 layak dibeli bahkan dikoleksi, khususnya yang berkapasitas 2.200 cc dengan teknologi CRDi. Menawarkan tenaga yang buas, bahkan melebihi rivalnya yang notabene sudah memiliki kapasitas mesin lebih besar. Di sisi lain, efisiensi bahan bakarnya teramat baik. Bahkan mesin ini juga dikenal dengan ketahanan dan kehalusan performanya.

R2.2 CRDi secara umum dianggap sebagai mesin diesel yang kuat dan andal, yang dikenal karena penghematan bahan bakarnya yang baik dan tenaga yang dihasilkannya yang lumayan. Banyak banyak pemilik memberikan testimoni dan pengalaman positif soal keawetan dan kinerja mesin.

Mesin diesel Hyundai Santa Fe menawarkan kombinasi tenaga, torsi dan efisiensi yang menarik. Tenaga mesinnya mampu menghasilkan tenaga 203 PS pada 3.800 rpm dan torsi 440 Nm pada 1.750-2.750 rpm. Sedangkan efisiensi bahan bakarnya terbilang sangat irit, dengan konsumsi BBM sekitar 15,38 km/liter.

Mesin ini memiliki tekanan injeksi bahan bakar 2.200 bar untuk pembakaran yang lebih optimal. Rasio kompresi mesin 16.0:1, cukup tinggi, mampu memberikan performa terbaik dengan kapasitas yang relatif lebih kecil.

DeepEnd sempat membawanya ke Ciletuh, Pelabuhan Ratu. Di rute yang meliuk-liuk dengan banyak turunan dan tanjakan, benar-benar piawai tana kenal lelah. Torsinya bagaikan istri yang diajak beli tas ke butik LV, sat set gercep. Benar-benar membekas kekuatan putaran mesin bawahnya. Yang mengherankan…., enggak boros! Rute Bogor-Ciletuh pergi-pulang rata-rata konsumsi Pertamina Dex-nya 1:13.7.

Namun dengan hadirnya model hybrid, mesin diesel Hyundai Santa Fe mungkin akan menjadi lebih langka di masa depan, sehingga meningkatkan nilai koleksinya. Kalau ada uang lebih, boleh loh boyong mobil ini. Recommended.