Tim Nissan Formula E tampil di kandangnya sendiri pada ajang Tokyo E-Prix yang akan menjadi putaran ke-8 dan ke-9 ABB FIA Formula E World Championship. Balapan ini digelar di jalanan kota Tokyo, yang berjarak hanya kurang dari satu jam dari kantor pusat global Nissan di Yokohama.
Ternyata menang!
Memasuki balapan kandang, Nissan memang sudah berada di puncak klasemen Kejuaraan Pabrikan, sementara tim Nissan Formula E menempati posisi kedua dalam klasemen Tim. Menghibur para penggemarnya di Tokyo untuk pertama kalinya, dengan meraih dua posisi pole, satu podium, dan satu kemenangan balapan bersama pemimpin klasemen Oliver Rowland.
Kembali ke Tokyo untuk kedua kalinya untuk Putaran 8 dan 9 Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA, kecepatan impresif tim tersebut dalam Latihan Bebas 2 pada hari Sabtu membuahkan hasil, karena hasil sesi tersebut membentuk grid setelah kualifikasi dibatalkan karena hujan. Ini berarti Rowland akan memulai di posisi pole, di depan rekan setimnya Norman Nato di posisi ketiga.
Pembalap Inggris itu memimpin setelah start dengan Safety Car dalam kondisi basah, dan membangun jarak yang cukup jauh sebelum bendera merah menghentikan lajunya. Rowland melakukan Pit Boost wajibnya tepat setelah dimulainya kembali balapan, tetapi mendapati dirinya berada di posisi kedua di akhir jendela pit, di belakang seorang pembalap yang telah melakukan pit stop sebelum bendera merah. Rowland berusaha keras, tetapi tidak mampu bergerak untuk menang dan mengamankan posisi kedua, podium keenamnya musim ini.
Sementara itu, Nato bersaing ketat dalam perolehan poin selama tahap awal, meskipun masalah pada bannya membuatnya kesulitan menemukan cengkeraman di lintasan Tokyo, dan melewati garis finis di urutan ke-15.
Hari Minggu kering, dan kedua pembalap tampil mengesankan di Babak Grup kualifikasi, melaju ke Duels, tempat mereka akan bertemu di perempat final Tim Formula E Nissan. Rowland melaju hingga final, meraih pole position ketiganya secara berturut-turut musim ini dan juga yang ketiga di Jepang, menjadikannya satu-satunya pembalap yang memulai balapan pertama di Tokyo E-Prix dalam tiga edisinya.
Mempertahankan keunggulan di garis finis lagi, kecepatan Rowland dan strategi tim yang luar biasa membuahkan hasil. Berada di posisi keenam sebelum memasuki enam menit terakhir Attack Mode, pembalap mobil #23 melakukan beberapa kali menyalip dengan hebat untuk memimpin dengan beberapa putaran tersisa, melawan tantangan keras dari belakang untuk meraih kemenangan keempatnya musim ini.
Nato berjuang keras dalam perolehan poin setelah memulai dari posisi kedelapan, menunjukkan kecepatan yang menjanjikan hingga kontak membuatnya tertinggal, dan akhirnya finis di posisi ke-17.
Hasil tersebut membuat Rowland memperlebar keunggulannya dalam Kejuaraan Pembalap menjadi 77 poin yang mengesankan, saat ini berada di posisi 161 setelah meraih empat kemenangan dan tiga kali posisi kedua dalam sembilan balapan sejauh ini. Tim Formula E Nissan kembali ke puncak Klasemen Tim dengan 172 poin, sementara Nissan dengan kuat mempertahankan keunggulan Pabrikannya dengan 225 poin.
Formula E tetap berada di Asia untuk acara berikutnya, melintasi Laut Cina Timur menuju Shanghai, Cina, untuk Putaran 10 dan 11 Musim 11 pada 31 Mei – 1 Juni 2025.