Visi BMW Motorrad adalah menciptakan pengalaman berkendara terbaik, membangun hubungan yang erat antara pengendara dan mesin, serta mendorong batasan teknologi sepeda motor. Misi mereka adalah menciptakan sepeda motor yang memberikan pengalaman berkendara terbaik, dengan fokus pada keselamatan, kenikmatan berkendara, dan rasa kebebasan.
Nah soal misi ternyata dibebaskan oleh BMW Motorrad.
Termasuk pada karyawannya sendiri.
Loh loh…, bijimana ini?
Cerita dimulai dari sekelompok kecil karyawan BMW Motorrad yang berkesempatan untuk mewujudkan semangat ini. Philipp Ludwig sebagai manajer proyek, desainer kendaraan Andreas Martin, Theresa Stukenbrock jadi desainer warna dan grafis, serta pembuat prototipe Paul Summerer dan Thomas Becker, yang menyumbangkan pengalaman dan semangat mereka ke dalam proyek ini, bekerja sama untuk menciptakan sebuah kendaraan yang unik.
Hasilnya adalah BMW R 1300 R “TITAN”.
Motor tangguh dan agresif, indah dan luar biasa, cepat, dan presisi.
Diciptakan untuk menang!
Desainnya menggabungkan elemen-elemen gaya dasar BMW R 1300 R terbaru, menerjemahkannya ke dalam garis-garis agresif sebuah mobil balap sprint. Garis-garis khas tangki dan fairing BMW R 1300 R tercermin dalam monokok khas mobil balap, sementara panel saluran udara yang mencolok dari mobil standar melanjutkan dinamika “TITAN” secara berlebihan. Berbeda dengan serat karbon tempa di bawahnya, grafis yang mencolok menangkap kesan gerakan dengan interpretasi modern dan jernih yang dilengkapi aksen biru metalik.
BMW R 1300 R baru memiliki profil rendah di aspal, didukung oleh sasis Wilbers yang diproduksi khusus dengan lengan ayun yang panjang. Sasis ini disetel secara ketat untuk memastikan performa mesin produksi seri ini tidak terbuang sia-sia.
Secara visual, bobotnya ditopang oleh roda depan agar tetap berada di aspal selama mungkin saat start. Proporsi keseluruhan sepeda motor ini dibangun secara kompak di sekitar pusatnya: mesin boxer 1.300 cc. Ia juga menyerupai kucing predator, dengan sabar menunggu untuk melesat bahkan saat diam.
Akrapovic, mitra lama BMW Motorrad, membantu mengembangkan BMW R 1300 R “TITAN.” Kolaborasi ini memungkinkan tim untuk merancang sistem knalpot Akrapovic titanium yang komprehensif yang meningkatkan karakter bertenaga motor kustom ini, baik secara visual maupun akustik. Knalpot keluar dari dua silinder, menyatu sebentar di bawah motor, dan berakhir di outlet dua aliran bergaya boxer di bawah bagian belakang yang menjulang tinggi dan agresif. Sebuah botol nitrous oxide yang tampak agresif ditempatkan di antara dua peredam belakang titanium, menyuntikkan nitrous oxide ke sistem injeksi hanya dengan satu sentuhan tombol. Hal ini mendorong pengendara dan motor menuju garis finis dengan tenaga ekstra.
Setelah pengangkut oksigen tiba di mesin, tenaga yang luar biasa mendorong ban ke aspal melalui transmisi dan penggerak poros, melontarkan BMW R 1300 R “TITAN” ke depan. Gigi terpasang dengan presisi dan tuas rem Magura HC3 menangkap kembali energi yang dilepaskan setelah garis finis, memperlambat laju motor hingga berhenti. Pijakan kaki memanjang hingga ke belakang, memberikan dukungan yang diperlukan selama balapan sprint.