Di tengah lalu lintas Kelapa Gading yang tak pernah santai, ada satu SUV yang menyimpan rahasia. Dari luar, BMW X5 G05 xDrive40i 2020 ini mungkin terlihat seperti SUV mewah biasa, tampan, gagah, dan rapi. Tapi di balik grille hitam gloss itu, ada cerita tentang mesin B58 yang sama dengan Toyota Supra Mk.V, sistem xDrive yang siap cengkeram aspal, dan air suspension yang bisa membuat perjalanan harian selembut bantal hotel bintang lima.
Seperti sleeper.
Bagi awam, bukan true car enthusiast.
Sebab, si hitam ini memang kini bertambah galak.
Pemiliknya, Jonathan Indara, akrab disapa Jojo, tidak sekadar mengandalkan badge BMW untuk menonjol. Ia membangun mobil ini dengan satu visi: menjadi SUV multifungsi yang seru diajak ngegas, nyaman untuk keluarga, dan cukup rapi untuk acara formal.
Tantangannya? Mobil ini bukan platform populer di kalangan modifikator muda. Fast movingnya saja mahal, apalagi slow movingnya. Hingga biaya modifikasi bisa melonjak lebih cepat daripada jarum boost.
Jojo punya prinsip modifikasi dengan Tiga Pilar saat mengutak-atik X5-nya:
1. Daily Drivability, dimana emua modifikasi harus aman dan nyaman dipakai harian.
2. Fun Factor, mobil harus tetap memberi sensasi “ngegas” yang memuaskan.
3. Multi-Role Use, tetap layak untuk hangout santai, acara keluarga, hingga meeting bisnis.
Hasilnya adalah SUV 2,4 ton yang terasa lincah, punya suara exhaust khas, dan siap bertransformasi dari cruiser santai menjadi monster torsi hanya dengan sentuhan pedal.
Di sektor mesin, X5 ini sudah menerima deretan upgrade yang serius: intake dari Burger Motorsports, downpipe catless VRSF, valvetronic exhaust custom, hingga water-methanol injection kit. ECU-nya diolah dengan BootMod3 Stage 2, lengkap dengan flex-fuel kit. Transmisi ZF8HP51 pun tidak luput dari sentuhan xHp Stage 3, torque limiter hilang, launch control bebas.
Kaki-kaki diperkuat dengan AP Racing 6-pot big brake kit dan ban Michelin Pilot Sport 4SUV, sementara air suspension dikode ulang untuk handling optimal. Estetika juga diperhatikan, misalnya pada body kit bergaya X5M, velg BC Forged 21 inci, dan detail hitam gloss yang membuat tampilannya semakin tegas.
Jojo memberikan kita pelajaran penting. Modifikasi mobil bukan soal “cepat jadi”, melainkan soal mencari titik temu antara performa, kenyamanan, dan identitas personal. X5 G05 bukan perkara plug-and-play. Butuh riset, koneksi bengkel tepat, dan kesabaran untuk mengatasi parts yang langka, dan tuning yang spesifik.
Akhirnya, ini bukan hanya sekadar kendaraan. Ia adalah cerminan pemiliknya, tenang di luar, tapi penuh potensi ledakan tenaga di dalam. Sebuah karya yang mengajarkan, modifikasi terbaik adalah yang membuat mobil tetap menjadi bagian alami dari kehidupan sehari-hari.
Workshop:
Engine Tuning & Management: XS Automotive @xs.automotive & REV Engineering @rev_engineering
Exterior Overhaul: CJ Eurohaus @cj_eurohaus & Kitacarbon @kitacarbon
Parts Suppliers: Bimmerstop @bimmerstop, Brakeshop.id @brakeshop.id & AT Motorsport @at_motorsport
Coding Support: Bimmercoding.id @bimmercodingid
Coating & Detailing: Glosspatrol @glosspatrol
Data Mods:
BC Forged MLE72 21x(9.5+11) inches, air suspension coding and tuned by BimmercodingID, AP Racing Radical I 6 pot/380 mm, Goodridge Brakelines retrofit front & rear, Michelin Pilot Sport 4SUV 285/40R21 + 315/40R21, facelifted to European M Sport front + F95 X5M sides, F95 X5M rear, CJ Eurohaus custom add-on side kirt CJ Eurohaus custom rear winglet, CJ Eurohaus black gloss grill, Kitacarbon custom front lip, F95 X5M duck tail by CJ Eurohaus, F95 X5M add-on side vents by CJ Eurohaus, CSL Yellow DRL module retrofit, F95 X5M fender flares, de-chromed window borders by CJ Eurohaus, custom black emboss rear badge, Burger Motorsports BMS cold air intake (blue), FTP charge pipe set, DINAN Race coil pack, NGK Iridium 94201 2Step spark plugs, XS Automotive custom CAI Housing (powder coated), VRSF catless race down pipe, XS Automotive custom fabricated valvetronic exhaust system (Y-midpipe to double Y-pipe ends, double stacked X-pipes rear into true quad end tips), BootMod3 Multimap Software w OTS STG2 Tune (RON95 & RON98), APT EVO water methanol injection kit, BootMod3 Flexfuel kit, XS Automotive custom stage 2 Street Tune (low boost, advanced timing), xHp Stage 3 Transmission Tune (torque limiter removed, launch control limit removed), ALPINA coded gauge cluster, T-Carbon dry carbon pedal shifters, Bowers & Wilkins Audio software retrofit by Bimmerstop