Kalau DeepEnder mengikuti dunia World Superbike (WorldSBK), beberapa pekan terakhir ini rasanya seperti sedang nonton serial penuh plot twist. Satu per satu teka-teki soal siapa balapan di mana mulai terjawab, tapi masih ada beberapa nama besar yang bikin tanda tanya. Dari yang setia dengan tim lamanya, sampai yang ganti warna seragam, semuanya bikin paddock makin panas.

Jonathan Rea Resmi Gantung Helm

Kabar paling menggetarkan datang dari Jonathan Rea, sang legenda yang akhirnya memutuskan pensiun dari balapan penuh waktu di akhir musim 2025.

Momen ini datang cuma 90 menit setelah pengumuman besar lainnya: Iker Lecuona resmi pindah dari Honda HRC ke Aruba.it Racing – Ducati untuk musim 2026.

Tanggal 25 Agustus 2025 jelas akan diingat fans WorldSBK. Dalam satu hari, dunia superbike menyaksikan berakhirnya era Rea, sekaligus dimulainya babak baru untuk Ducati.

Seolah belum cukup, sehari kemudian Alvaro Bautista juga bikin kejutan: bergabung dengan Barni Spark Racing Team untuk musim 2026. Masih mengendarai Panigale V4R, tapi kali ini di tim independen.

Foto: worldsbk.com

Line-Up 2026 Mulai Terisi

Kepingan grid WorldSBK 2026 kini mulai terbentuk.

Alex Lowes dan Axel Bassani jadi duo pertama yang dikonfirmasi akan memperkuat Bimota by Kawasaki Racing Team. Sementara Andrea Locatelli memastikan masa depannya di Pata Maxus Yamaha hingga 2027. Rekan setimnya, Xavi Vierge, juga sudah dipastikan bertahan untuk musim depan.

Dari kubu Ducati, Nicolo Bulega memperpanjang kontrak satu tahun dengan Aruba.it Racing, dan Garrett Gerloff tetap bersama Kawasaki Racing Team dengan perpanjangan kontrak semusim.

Sam Lowes juga lanjut dua musim bersama ELF Marc VDS Ducati, sedangkan Yari Montella bertahan di Barni Spark Racing Team untuk tahun kedua.

Remy Gardner memperpanjang kontrak dua tahun di GYTR GRT Yamaha, dan kini akan ditemani Stefano Manzi yang naik ke kelas WorldSBK dari Ten Kate Racing.

Kursi panas lain juga sudah terisi. Danilo Petrucci, juara kategori pembalap independen musim lalu, resmi pindah ke ROKiT BMW Motorrad menggantikan Toprak Razgatlioglu yang hijrah ke MotoGP.

Di kubu Honda, Somkiat Chantra dan Jake Dixon siap mengisi line-up HRC untuk 2026, sementara Miguel Oliveira resmi gabung BMW.

Menjelang akhir musim, Lorenzo Baldassarri dikonfirmasi menggantikan Andrea Iannone di Team Pata GoEleven, memastikan kembalinya sang pembalap ke grid WorldSBK.

Tim Independen Jadi Sorotan Berikutnya

Dengan seluruh kursi pabrikan sudah penuh, fokus kini beralih ke tim independen yang belum mengumumkan susunan pembalap.

Ryan Vickers (Motocorsa Racing) sempat mengakui masa depannya masih “belum jelas”. Tak lama kemudian, bos tim Lorenzo Mauri mengonfirmasi tengah mempertimbangkan beberapa pembalap Moto2 untuk menggantikan Vickers di musim depan.

Selain Motocorsa, masih ada Yamaha Motoxracing, MGM BONOVO Racing, dan PETRONAS MIE Honda Racing Team yang belum membuka kartu.
Sementara itu, Andrea Iannone memberi bocoran bahwa ia sedang menyiapkan “proyek besar” dan tetap optimistis akan kembali tampil di grid 2026.

Daftar Sementara Pembalap WorldSBK 2026:

  • Bimota by Kawasaki Racing Team – Alex Lowes, Axel Bassani
  • Pata Maxus Yamaha – Andrea Locatelli, Xavi Vierge
  • Aruba.it Racing – Ducati – Nicolo Bulega, Iker Lecuona
  • Kawasaki Racing Team – Garrett Gerloff
  • ELF Marc VDS Racing Team – Sam Lowes
  • Barni Spark Racing Team – Yari Montella, Alvaro Bautista
  • GYTR GRT Yamaha Racing Team – Remy Gardner, Stefano Manzi
  • ROKiT BMW Motorrad WorldSBK Team – Danilo Petrucci, Miguel Oliveira
  • Honda HRC – Somkiat Chantra, Jake Dixon
  • Team Pata GoEleven – Lorenzo Baldassarri

Menuju Era Baru

Dengan 17 pembalap sudah dikonfirmasi, grid WorldSBK 2026 hampir lengkap. Tapi seperti biasa, drama di paddock belum selesai. Masih ada beberapa kursi kosong di tim independen, dan siapa tahu kejutan besar berikutnya tinggal menunggu waktu.

Satu hal yang pasti, musim 2026 bakal jadi awal dari era baru: kombinasi menarik antara nama-nama lama dan wajah segar yang siap mengguncang lintasan.