Porsche 911 GT3, salah satu sports car terlegendaris dan tercepat dari Porsche. Basisnya boleh sebuah mobil Grand Tourer yang nyaman, tapi jangan salah, mobil ini binal.
Sejak dulu, Porsche 911 GT3 selalu digadang-gadang sebagai mainan yang serius untuk kebutuhan trek tapi tetap bisa dibawa jalan-jalan seperti biasa meskipun beberapa bagian mobil ini disunat untuk mengurangi bobotnya.
Kini, 911 GT3 semakin buas. Pertama , aerondinamikanya telah diuji selama lebih dari 160 jam di wind tunnel untuk memastikan aerodinamika terbaik. Pengetesan yang dilakukan tidak hanya secara lurus, tapi juga mensimulasikan tikungan.
Wing dari mobil ini juga diubah bentuknya menjadi model swan neck yang sama pada mobil balap GT 911 RSR dan mobil balap 911 GT3 Cup. Wing ini dipilih karena udara dapat melewati bagian bawah tanpa gangguan, yang secara aerodinamis lebih sensitif.
Diffuser depan juga dilakukan ubahan dengan 4 pengaturan dan berhasil menghasilkan 50% lebih banyak downforce pada kecepatan 200 km/jam.
Mencapai 200 km/jam tidaklah mudah tanpa tenaga yang cukup. Untuk itu, mesin Flat-6 4.000cc ini diuji selama lebih dari 22.000 jam.
Mesin ini sendiri didasarkan dari mesin mobil balap 911 GT3 R. Tenaganya mencapai 510 PS di RPM 8.400, lebih besar 10 PS dari pendahulunya. Limiternya pun memotong putarannya sampai di rpm 9.000.
Untuk torsi, juga meningkat 10 Nm dari 460 Nm menjadi 470 Nm.
Karena mobil ini akan melewati berbagai G-force yang berat, suplai oli akan menjadi masalah karena oli terombang-ambing kemana-mana. Untuk mencegah masalah kekurangan suplai oli, Porsche menggunakan sistem dry sump pada mobil ini.
Meskipun mobil ini binal dan memiliki performa tinggi, Porsche tetap ingin mobil ini layak uji emsisi. Untuk itu, lebih dari 600 jam didedikasikan untuk menguji emisi mobil ini, memastikan bahwa emisinya layak, bahkan di situasi terintens.
Porsche 911 GT3 baru dijual mulai dari harga 170.969 euro termasuk PPN dan peralatan khusus negara.