DeepEnd berat menanggung derita perasaan. Saban pergi melewati YM Auto Wheels, ada mobil ini. Setiap pulang, juga begitu. Begitu saja selama sebulan. Ketemu pemiliknya pun tidak pernah. DeepEnd hanya bisa lihat Civic biru asyiknya itu. Eh, biru atau hijau, susah mastikannya. Kalau pagi dia biru, jika siang malah agak hijau. Yang bikin pangling itu emang warnanya sih.
Ternyata…, pemiliknya, sebut saja Tommy, adalah pegawai swasta yang hanya mempunyai waktu libur sedikit. Anaknya office hour banget. Sabtu saja dia masuk, walau setengah hari. Meeting tambahan dan lembur terjadi bila ada office project. That’s why karena sulitnya waktu libur itu, Tommy jadi benar-benar mengkurasi waktunya untuk menyertakan mobilnya di pameran/kontes/gathering/showcase. Tak bisa semua didatangi. Ia pun harus memilih.
Maka DeepEnd beruntung akhir November lalu. Ia muncul di YM. The hunt is over. Civic FB generasi ke-9 ini ternyata berkonsep; “Daily Clean”. Velg selebar itu dipakai jalan sebisa mungkin. Ke car event pun menjamah aspal, tanpa digendong. Cool everyday and everywhere, “Ini bukan mobil modifikasi yang ke mana-mana harus ditowing. Saya mengutamakan fungsional mobil sebagai alat transportasi,” ucap kelahiran Jakarta, 29 Agustus 1994 ini.
Civic Tommy bukan plug and play. Tapi memakai custom air suspension 2 titik + digital pressure gauge dan solenoid block 2 point, “Sebutlah namanya YM Air Performance,” ucap Ivan, bosnya YM Auto Wheels.
Jadi kalau Civic itu mempunyai shocbreaker depan yang jadi satu dengan per. Untuk itu balonnya memakai hollow. Sedangkan yang di belakang, shockbreaker dan pernya terpisah, jadilah closed. Menggunakan double bag construction. Walaupun berbeda, namun dimensi balonnya sama yaitu diameter 142 mm dan tinggi 156 mm.
Lantas mengapa harus custom? Bukankah air bag sudah banyak dipakai di Civic sebelumnya? There is no technical reasons rupanya. Hanya saja, “Budget wise. Custom set lebih kompetitif di biaya,” aku Tommy. Tapi bocorannya, ada sedikit dampak yaitu penyesuaian pada suspensi dan camber.
Ini mah dampak yang sebenarnya mendukung goal, sebab Tommy anak Cambergang di Indonesia. Bodi rebah, roda miring. Camber dibuat negatif sebanyak -11 di depan dan -9 di belakang. “Tapi kalau lagi air out, yang depan jadi -7 dan belakang -9,” ungkap Ivan. Sedangkan shockbreaker masih dipakai versi stock, namun dipendekin sekitar 5 cm.
Terakhir, dilakukan radius fender sebanyak 8 cm dan sedikit wide. Intinya, fitment correction and custom all round for undercarriage sudah dilakukan dengan baik. Dari Bogor melewati JORR, Tommy mengemudikan mobilnya ke The Elite. Itu jauhnya 78 kilometer pada 24 November kemarin. Yang Tommy takutkan hanyalah hujan!
Infinitiwerks LC
“VELG YANG MERESAHKAN”
“Japanese wheels is to much mainstream alias sangat membosankan,” kata pemain bulutangkis ini. Tommy kepengennya velg forged. Feel free to choose. Infinitewerks LC jadi kunciannya. Materialnya forged aluminium dengan aerospace grade 6061-T6. Dibuat memakai memakai mesin CNC. Semuanya memakai standar SAE dan diberikan garansi seumur hidup untuk struktur bagian tengah velg.
Every set of Infinitewerks are custom built, made to order. Untuk yang ini, finishing bagian mukanya high brush with diamond cut, dan finishing lipsnya adalah high polished. Ukurannya 18x(10,5+12) inci. Di velg depan, barrelnya 5,5 inci dan lipsnya 5 inci. Sedangkan velg belakang punya barrel yang sama yaitu 6 inci. Untuk offset velg step lips ini, semuanya minus nus! Di depan -8 dan di belakang -14. Dimensi ini memang meresahkan audiens. Sick wheel,dan diganjar penghargaan “The Elite VIP Wheels”.
Atlantis Blue
RESTORASI-REGAIN-PROTECTION
Seperti atlantis, cat ini damai namun menghanyutkan. Bagaimana caranya biar gagasan, pengecatan hingga perawatannya, bisa sinkron? Devs, salah satu pemilik HD Car Care Bekasi, kasih tips dan triknya.
Pertama, cat mobil yang baru keluar dari bengkel cat, umumnya masih belum matang sehingga ada kemungkinan bisa terbawa di aplikator (mesin poles) apabila kita melakukan proses detailing. Proses yang dilakukan adalah melakukan Express Wax (produk alternatif wax dari HD Car Care Bekasi). “Agar perawatan cepat namun hasil maksimal kilap tanpa perlu menggunakan mesin,” ucap Devs yang workshopnya berada di AXC Summarecon, Bekasi.
Kedua, cat warna apapun mempunyai tingkat kesulitan berbeda-beda, hanya saja cat yang lebih terang lumayan mampu menyamarkan jamur atau swirl mark ketimbang mobil bernuansa cat gelap. Oleh karena itu, pentingnya nano coating tidak hanya segi proteksi terhadap cat namun merestorasi cacat minor pada bodi mobil seperti menghilangkan jamur maupun swirl mark.
Adapun langkah-langkahnya adalah Restorasi untuk menghilangkan jamur dan swirl mark, Regain yaitu mengembalikan warna mobil pada peformannya dan Protection dengan mengaplikasi nano ceramic coating. Untuk Civic ini semua menggunakan all brand HD Car Care.
Workshop:
Wheel, air sus & under carriage: YM Auto Wheels @ymautowheels
All body work & pain: Platinum @vinoplats
Coating & major treatment: HD Car Care Bekasi @hdcarcarebekasi
Data Mods:
Air suspension YM Air Performance 2-point, velg Infinitewerks LC 18x(10,5+12,5) inci, ban Toyo T1R 225/35ZR18 & 255/35ZR18, cat Spies Hecker atlantis blue, body kit Modulo, custom duck tail, custom lips spoiler, custom gasoline hose
Photo Location:
Sampoerna Academy, Sentul, Bogor