Bagi James William, Freed bukan sekadar kendaraan. Melainkan kanvas putih untuk melukis imajinasi James. DeepEnd penasaran dengan konsepnya. Mengaplikasi Advan namun memakai suspensi udara.

Ada apa ini?
Mari kita mulai dengan alasan menyabet Freed. Jelas James menganggap Freed sebagai family Car dengan konsep captain seat plus sliding door yang membuat terlihat elegan dan mewah. Kedua, “Mempunyai desain yang tidak membosankan, berbeda dengan model yang di Jepangnya sendiri.” Dan terakhir, “Yang sudah-sudah Honda unitnya yang discontinue memiliki nilai jual yang menarik karena banyak dijadikan barang koleksi,” cetus kelahiran 15 September ini.

Bila dimodifikasi apakah tampilannya tetap menarik?
Ini lah challengenya.
Oleh sebab Freed telah menjadi favorit modifikasi, maka telah demikian banyak yang berseliweran di jalanan maupun ruang kontes. James menyebut konsepnya, “Original Equipment Manufacture – Japan Domestic Market (OEM – JDM) for daily use car.” Simple, clean and detail sehingga terlihat eye catching. Mayoritas memang menggunakan parts OEM Freed Hybrid Japan.

DeepEnd mencatat, terdapat sejumlah detail yang sangat interesting. James bukan mengisi kanvasnya dengan PoI (point of interest) belaka, melainkan menambahkan detail-detail yang mendukung obyek utama. Kata Giorgio Armani, “To create something exceptional, your mindset must be relentlessly focused on the smallest detail.”

 

Pertama, spidometer.
Yang dipakai adalah digital speedometer dari Honda Freed Hybrid. James menggunakan lengkap dengan modul. Jika dilengkapi modul, maka sejumlah fungsi akan bekerja. Berkat modul tersebut, terdapat indikator gear (P.R.N.D.L), light bar RPM, pengaturan waktu/jam, pengaturan delay auto central lock, alert saat mundur, seluruh fitur pada Monitor In Display dan menu Honda Econ secara manual.

Sedangkan jika tanpa modul, DeepEnd share sedikit perbedannya. Akan timbul beberapa error pada sub-feature. Misalnya, lambang IMA dan I (info) selalu menyala dimana itu menandakan adanya ketidaksinkronan. Kemudian indikator gear (P.R.N.D.L) diikuti light bar RPM tidak akan aktif, pengaturan waktu/jam, pengaturan delay auto central lock, alert mundur, seluruh fitur MID dan menu Honda Econ yang juga tidak aktif.

Apa saja kebutuhan parts agar speedometer digital Freed Hybrid ini dapat diaktifkan? Perlu dilengkapi dengan panel Econ Freed Hybrid, steering wheel Honda yang memiliki tombol information, digital speedometer Freed Hybrid dan perangkat modul + program yang diaktifkan.

Detail kedua adalah rumah lampu depan.
Pada head lamp menggunakan original Freed Hybrid dimana perbedaannya secara fisik ada 2 perbedaan yaitu di bagian tengah reflektor terdapat diamond reflector, dan muncul reflektor biru pada bagian depannya. Lampu standar yang digunakan juga HID by Honda Japan. Mekanisme head lamp tersebut terdapat levelizer module yang dapat diatur dengan 4 posisi untuk mengatur jauh dekatnya secara motorik.

Ketiga, tuas kendali air sus.
Air suspension dapat dioperasikan dari steering wheel, remote, aplikasi Android serta tombol manual. Via remote dan ponsel itu mudah, dimana-mana ada. Tapi jika membuat jalur airsus agar dapat dioperasikan di steering wheel, mungkin tak banyak yang mau capek-capek mengcreate jalur baru dan mengurut kabel.

Di luar 3 ini, DeepEnd juga penasaran dengan bantingan suspensinya. Saat datang ke lokasi liputan, memang terlihat meaty style dengan ban Advan Neova AD08R 205/45R17, velg Advan RG 2 include lug nut dari merek yang sama. Seperti halnya JDM style, punya jarak sedikit renggang antara roda dan fender.

Dengan kondisi seperti itu, ride mode, ternyata enak ditumpangi. Mengandalkan airbag 3 layer yang membuat suspensi mobil terasa nyaman di saat ketinggian normal atau rendah. Kuncinya pada penempatan yang pas untuk posisi airbag pada roda belakang agar terhindar dari gesekan benda asing yang dapat melukai airbag dan hosenya.


Data Mods:
Honda Freed Hybrid GP3 genuine rear bumper, Honda Freed Hybrid GP3 genuine side skirt, Honda Freed Hybrid GP3 genuine front bumper, Honda Freed Hybrid GP3 genuine front bumper garnish, Honda Freed Hybrid GP3 genuine front grill Gen 1, Honda Freed Hybrid GP3 genuine down grill, Honda Freed Hybrid GP3 genuine spoiler, Honda Freed Hybrid GP3 LED blue lense stop lamp LED by Ichikoh, Honda Freed Hybrid GP3 blue lense head lamp w/ HID lamp & levelizer module, Honda Freed Hybrid GP3 third brake lamp, Honda Freed Hybrid GP3 genuine rear mirror, Honda Freed genuine gold emblem by Honda Access, V-Kool window film, ECU remapped, K&N air filter, Honda CRZ Hybrid Air Intake LEA-I4, Honda CRZ Hybrid cover intake LEA-I4, Tanabe strut bar, Honda Freed Hybrid GP3 automatic transmition shift lever, Honda Freed Hybrid GP3 genuine digital speedometer w/ full version module, Honda Freed Hybrid GP3 genuine ECO panel, Honda Freed Hybrid GP3 streering wheel, Auto Gauge digital air pressure, Recaro front seats for Honda Euro Type R, Alpine head unit IVA 520 W, Focal 2-way speaker, Cello subwoofer 5 inches, 2-channel air suspension w/ BlueTooth Android & remote steering, Yokohama Advan wheels RG2 17×7.5 inches, Advan Racing lug nut, Yokohama tyres Advan Neova AD08R 205/45R17, B-Max brake 330 mm/4 pot