Kalau biasanya nama Multistrada identik dengan kenyamanan jarak jauh, Ducati kali ini bikin kejutan lewat Multistrada V4 RS. Motor ini bukan sekadar Multistrada biasa, tapi versi paling sporty, paling agresif, tapi tetap enak dipakai jalan jauh.
Kenapa? Karena jantung pacunya pakai mesin Desmosedici Stradale 1.103 cc. Yup, mesin yang sama dipakai Panigale V4 dan Streetfighter V4. Tenaganya? 180 hp dengan putaran sampai 13.500 rpm. Tapi jangan salah, Ducati tetap bikin karakter mesinnya halus di putaran rendah biar saat touring nggak bikin pegal, tapi tetap sanggup kasih sensasi “rasa MotoGP” begitu gas dibetot.
Suara knalpot Akrapovič-nya juga khas: berat di putaran rendah, tapi meraung gahar saat rpm tinggi. Plus, Ducati kasih kopling kering STM-EVO SBK, jadi suaranya makin ikonik sekaligus fungsional buat perpindahan gigi yang lebih halus.
DNA Touring dengan Aura Superbike
Multistrada V4 RS lahir buat menjawab dilema bikers yang pengin motor touring nyaman tapi juga mumpuni diajak ngebut sporty. Makanya Ducati menyisipkan banyak komponen racing:
- Suspensi Öhlins Smart EC 2.0 semi-aktif, bisa adaptasi otomatis sesuai gaya berkendara.
- Velg tempa Marchesini 17 inci dengan ban Pirelli Diablo Rosso IV Corsa.
- Rangka belakang titanium super ringan, hemat bobot sampai 2,5 kg, tapi tetap bisa pasang tiga box touring.
- Rem Brembo Stylema plus ABS Cornering terbaru buat kontrol maksimal.
Secara tampilan, RS ini beda dari Multistrada lain. Detail serat karbon di spatbor, hand guard, heat shield, sampai “paruh” depan bikin motor ini makin sangar. Fairing ekor techno-polymer rampingnya pun dirancang khusus, bikin motor tampak efisien tapi tetap sporty.
Elektronik Kelas Atas
Dari sisi fitur, Multistrada V4 RS nggak kalah futuristis. Ada radar depan-belakang buat Adaptive Cruise Control dan Blind Spot Detection, lalu sistem baru Ducati Vehicle Observer (DVO) yang bikin suspensi dan traksi makin presisi.
Mode berkendara? Lengkap! Ada Race, Sport, Touring, Urban, dan Wet, plus empat mode tenaga. Yang spesial, hanya RS yang punya Full Power Mode default di mode Race, jadi tenaga 180 hp bisa keluar di semua gigi tanpa kompromi.
Dashboard TFT 6,5 inci juga punya grafis khusus ala Panigale, plus bisa mirroring peta dari HP lewat Ducati Connect.
Touring Paling Sporty dari Ducati
Dengan semua komponen balap, detail ringan dari titanium dan karbon, plus mesin turunan MotoGP, Ducati Multistrada V4 RS sah disebut Multistrada paling sporty yang pernah dibuat. Motor ini bukan cuma alat transportasi, tapi juga karya teknik dan gaya hidup. Touring jauh pun tetap nyaman, tapi begitu ketemu jalan berliku, Multistrada V4 RS siap berubah jadi superbike berkaki panjang.