Hyundai bukan cuma membawa all-new NEXO sebagai mobil nol emisi, tapi juga sebagai bukti bahwa kendaraan hidrogen kini sudah masuk level performa yang serius. Lewat generasi terbarunya, NEXO mendapat peningkatan besar di sektor powertrain, sistem pengendalian, hingga efisiensi berkendara yang bikin FCEV makin relevan buat penggunaan sehari-hari.

Peningkatan paling terasa ada pada sistem penggerak. Hyundai mengembangkan fuel cell system dan power electronics baru yang membuat total output all-new NEXO melonjak menjadi 190 kW. Motor listriknya sendiri kini menghasilkan 150 kW dengan torsi 350 Nm, memungkinkan akselerasi 0–100 km/jam dipangkas menjadi 7,8 detik. Angka ini membuat NEXO tak lagi sekadar irit dan ramah lingkungan, tapi juga responsif saat diajak bermanuver.

Tak hanya soal tenaga, Hyundai juga meningkatkan kapasitas baterai bertegangan tinggi dari 40 kW menjadi 80 kW. Sistem ini bekerja berdampingan dengan fuel cell stack yang kini lebih efisien, menghasilkan output maksimum 110 kW (gross). Hasilnya adalah suplai daya yang lebih stabil, akselerasi lebih halus, serta performa konsisten di berbagai kondisi jalan.

Soal efisiensi, all-new NEXO mencatat jarak tempuh hingga 826 km (WLTP) hanya dengan pengisian hidrogen sekitar lima menit. Kapasitas tangki hidrogennya naik menjadi 6,69 kg, didukung peningkatan densitas penyimpanan dan efisiensi bahan bakar. Ini menjadikan NEXO sebagai salah satu kendaraan listrik dengan jarak tempuh terpanjang, tanpa kompromi waktu pengisian.

Hyundai juga menyempurnakan karakter berkendara lewat teknologi e-Handling. Sistem ini memanfaatkan kontrol torsi motor untuk meningkatkan grip dan stabilitas, terutama saat bermanuver atau melibas tikungan. Output motor disesuaikan secara dinamis mengikuti kondisi jalan, membuat handling terasa lebih presisi dan percaya diri.

Teknologi lain yang tak kalah penting adalah Smart Regenerative System. Sistem ini mampu menyesuaikan pengereman regeneratif secara otomatis berdasarkan data navigasi dan jarak kendaraan di depan. Dengan begitu, mobil bisa melakukan deselerasi secara natural saat pedal gas dilepas, mengurangi kelelahan pengemudi sekaligus meningkatkan efisiensi energi.

Untuk menunjang kenyamanan, Hyundai juga meningkatkan kualitas NVH (Noise, Vibration, Harshness). All-new NEXO dibekali Active Noise Control-Road dan ban peredam suara, membuat kabin tetap senyap saat akselerasi maupun melintasi jalan kasar. Kombinasi performa, efisiensi, dan kenyamanan ini memperlihatkan bahwa mobil hidrogen kini sudah siap bersaing langsung dengan kendaraan listrik berbasis baterai.