Covid-19 yang masih menjadi-jadi merupakan sebuah fokus utama bagi berbagai lapisan masyarakat. Apalagi kondisi yang menjadi lebih buruk ini, seluruh bantuan dan kontribusi berbagai kalangan merupakan sesuatu yang sangat penting.

Kali ini, Toyota Indonesia kembali menyerahkan donasi kepada pemda, kali ini diperuntukkan bagi Pemerintah Kabupaten Bekasi. Donasi tersebut berupa 1 unit Toyota Kijang Innova ambulance dan 3.000 masker diserahkan melalui seremoni virtual oleh Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Edward Otto Kanter dan Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam pada hari Selasa, 29 September 2020 kepada Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja.

“Kami menyampaikan simpati yang mendalam kepada semua pihak yang terkena dampak COVID-19 dan penghargaan tinggi kepada pemerintah dan tenaga medis yang bekerja keras di garis terdepan dalam penanggulangan pandemi ini. Harapan kami, bantuan ini dapat berperan dalam mencegah penyebaran dan aktivitas mobilitas Pemkab Bekasi dalam menghadapi wabah COVID-19,” ujar Edward Otto Kanter.

Innova ambulance ini merupakan sebuah bentuk corporate social responsibility atau CSR dalam membantu menangani Covid-19. Total, sebanyak 17 unit Innova ambulance akan didonasikan kepada berbagai kalangan.

Sebelumnya, Toyota juga pernah menyerahkan Innova ambulance kepada Palang Merah Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan pondok pesantren. Bersama para dealer, supply chain, dan afiliasi, hingga kini juga telah disalurkan 108.000 Alat Pelindung Diri (APD) dan 40.000 face mask.

Bantuan langsung berupa paket bahan pokok dan kebutuhan untuk menjaga kebersihan diri guna mencegah penularan COVID-19 juga diserahkan. Bantuan tersebut seperti hand sanitizer, masker kain, sabun cuci tangan antiseptik, alat pencuci tangan portabel serta kebutuhan lainnya juga telah dibagikan kepada masyarakat di lingkungan sekitar dan dealer Toyota di seluruh Indonesia.

Selain dengan beberapa supply chain, dalam pengembangan berbagai alat pelindung diri (APD) seperti face mask, flocked swab, medical goggle, hazmat suit, bag valve mask, dan face shield.

Selain instansi tersebut, Toyota juga bekerjasama dengan pihak akademisi seperti Universitas Indonesia dan Balai Latihan Kerja (BLK) seperti Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta.