Apa yang diinginkan ketika memiliki sebuah SUV atau crossover? Ketangguhan tentunya. Tentu akan percuma bila memiliki mobil SUV atau crossover tapi tidak bisa diandalkan.

Memasuki era mobil listrik, Porsche pun sadar bahwa crossover listrik terbaru mereka, yaitu Porsche Taycan Cross Turismo harus bisa menempuh tes yang sangat keras agar terbukti ketangguhannya.

Pengujiannya pun beragam, mulai dari track balap Nurburgring, Hockenheim GP, hingga kota Nardo Italia.

Kondisi sulit? Ada jalur selatan Prancis dan di Pyrenees. Offroad? Ada Weissach Development Center dengan apa yang dikenal sebagai jalur safari.

Total, Taycan Cross Turismo telah menempuh jarak sejauh 998.361 km atau sekitar 25x mengelilingi mengelilingi dunia dihitung dari ekuator melalui berbagai jenis iklim dan cuaca.

“Saat mengembangkan Cross Turismo, kami tentu saja dapat membangun pengalaman kami dengan sedan sport Taycan. Tantangan terbesar adalah menggabungkan persyaratan sportif dengan kemampuan off-road,” tegas Vice President Model Line, Stefan Weckbach.

Pengetesan yang dilakukan pun bukan hanya uji coba jalan, banyak juga pengetesan yang dilakukan di laboratorium. Misalnya untuk aerodinamika, Porsche Taycan Cross Turismo menghabiskan sekitar 325 jam di dalam terowongan angin.

Hasil dari pengetesan ini? Sebuah SUV listrik dengan performa tinggi yang juga handal diajak berpetualang.