Kita layak bingung.
Pada orang di era lama yang pertama kali memiliki sedan-sedan Amerika di Tanah Air. Pasti kaya banget. Minimal berpengaruh. Atau lulusan luar negeri. Sehingga suka tak habis pikir, di zaman masih terbatas informasi saat itu, tapi sudah berani beli mobil mewah. 

Eh, memang dulu tak ada mobil murah toh. Yang ada adalah mobil mahal atau mahal banget.

Sama halnya dengan Chrysler New Yorker DeLuxe 1955 ini. Yang merupakan line up Chrysler peringkat atas. Bahkan DeLuxe itu juga varian paling top. Maka dari itu nuansanya mewah. Dilengkapi mesin V8 pula. Dan tersedia dalam sedan 4 pintu, coupe 2 pintu dan convertible 2 pintu. 

Diproduksi dari tahun 1940 hingga 1996, nama New Yorker membantu mendefinisikan kemewahan merek Chrysler. Sampai penghentian produksinya, New Yorker adalah model Amerika yang paling lama berada di car market.

Vari beruntung memilikinya. Pemilik bengkel Auto 66 Autowork yang berada di bilangan KH. Ali Maksum No. 1, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, ini betul-betul merawat sang mobil langkanya. “Saya membelinya dari eks kolektor dan pemilik museum, yang ketika meninggal, salah satu koleksinya, New Yorker DeLuxe, dijual oleh istrinya,” ungkap Vari panjang lebar yang mendapatkannya lengkap dengan mesin keluaran awal Hemi 331 ci plus transmisi otomatik.

American Kustom Car ini dikonsepkan menjadi Kustom Oldschool. Ujian terberatnya adalah membuat hidup mesin mobil langkanya, ditambah mesti mencari parts yang amat sulit dicuri.

Hampir semua spare parts memang susah didapat, baik mesin maupun bodi. Namun demikian, momen berburu komponen langka atau NOS di web market Amerika, merupakan hal paling asyik yang dinanti-nanti setiap malam jelang tidur.

Bahkan pernah, beli langsung di sana, lantas menenteng ke sini. Sebab spare parts mobil ini tidak ditemukan di toko besar yang mampu  online, melainkan hanya ada di toko-toko kecil khusus penggemar Chrysler.

Tantangannya yang dipikul Vari cukup berat. Pendiri Hotrodiningrat Car Club Yogjakarta ini wajib menjaga mesinnya, girboks, sampai kondisi tuas transmisi matik yang berada di dasbor.

Sementara soal dressed up, tentu saja Vari tak tinggal diam. 

Dipasanglah Centerline Smoothie ring 20 yang bagian tengahnya dicat agar diperoleh kesan kustomnya. Suspensinya masih statik yang disesuaikan pendeknya. Kemudian bodinya direstorasi total, dengan baluran cat kustom dengan efek cat metal flake atap bermotif bandana. Digenapkan di interior dengan langkah restorasi.


Workshop:
Auto 66 Autowork Yogyakarta