Honda kembali bikin gebrakan di dunia balap. Kali ini, mereka turun di ajang legendaris Pikes Peak International Hill Climb 2025 di Colorado, Amerika Serikat, ajang balapan menanjak yang terkenal ekstrem dan penuh tantangan. Yang bikin spesial, Honda menurunkan CR-V e:FCEV, mobil berbahan bakar hidrogen pertama yang ikut berlaga di ajang ini. Tak cuma itu, Acura Integra Type S HRC Prototype juga ikut tampil perdana, menandai debut versi performa tingginya di lintasan.
Di ajang ini, CR-V e:FCEV tampil di kelas “exhibition” alias non-kompetitif, tapi tetap punya misi besar: menunjukkan performa mobil listrik bertenaga hidrogen di medan seberat Pikes Peak yang punya 156 tikungan dalam lintasan sepanjang 20 km.
Tanpa ubahan pada sistem penggeraknya (powertrain), CR-V e:FCEV hanya dimodifikasi pada beberapa bagian, yaitu suspensi diturunkan 1 inci, penggunaan bantalan rem balap, serta ban Yokohama Advan A052 ukuran 265/45R18. Di interior, jok diganti ke model balap dan ditambahkan roll bar custom dari tim teknisi Honda di HART dan Honda Performance Manufacturing Center (PMC).
Honda CR-V e:FCEV dikemudikan oleh Dai Yoshihara, juara Formula Drift dua kali yang juga merupakan pembalap HRC US. Ia didukung oleh tim gabungan dari Honda of America Race Team (HART), Honda R\&D Jepang, dan Honda Racing Corporation USA.
Spesifikasi CR-V e:FCEV: Performa Bertenaga, Ramah Lingkungan
Mobil ini dibekali teknologi fuel cell generasi kedua yang diproduksi di fasilitas Fuel Cell System Manufacturing, LLC (FCSM) di Michigan, AS. Ditenagai oleh motor listrik tunggal di bagian depan, CR-V e:FCEV juga punya baterai 17,7 kWh dan dua tangki hidrogen bertekanan tinggi. Semua dirakit eksklusif di fasilitas Honda Performance Manufacturing Center (PMC), Marysville, Ohio. CRV e:FCEV juga menjadi satu-satunya kendaraan penumpang bertenaga fuel cell yang diproduksi di Amerika Serikat.
Tenaganya mencapai 174 PS dengan torsi 229 Nm. Selain akselerasi yang cepat, sistem suspensi dan struktur bodinya sudah disesuaikan untuk memberikan pengendalian yang stabil dan sporty.
Menariknya, mobil ini juga sangat fleksibel. Selain hidrogen, CR-V e:FCEV juga bisa diisi daya via listrik seperti mobil plug-in hybrid. Jarak tempuhnya bisa mencapai 435 km total, dengan kemampuan berkendara sejauh 47 km hanya menggunakan daya baterai. Saat ini, mobil ini tersedia untuk disewa di negara bagian California.
Debut Global Integra Type S HRC Prototype
Satu lagi kejutan dari Honda adalah tampilnya Acura Integra Type S HRC Prototype. Mobil ini dikembangkan oleh Honda Racing Corporation US dan langsung dirancang untuk mengeksplorasi performa optimal di lintasan seperti Pikes Peak.
Dikembangkan dari basis Integra Type S, versi prototype ini mengusung teknologi balap dan pengendalian presisi, menjadikannya debut perdana mobil performa tinggi Acura untuk penggunaan lintasan. Bukan cuma soal tampil beda, partisipasi ini sekaligus jadi bukti komitmen Honda dalam mengembangkan kendaraan elektrifikasi dengan pendekatan balap sebagai laboratorium pengujian ekstrem.