Tiga dekade setelah kelahirannya, Ducati Monster masih belum kehilangan pesonanya. Kini, generasi kelima hadir dengan tubuh lebih ringan, otak lebih pintar, dan gaya yang tetap brutal elegan. Ducati menyebut Monster 2026 ini sebagai evolusi paling “Monster” dari semuanya, menggabungkan otot, gaya, dan teknologi dalam satu paket yang bikin pengendaranya ketagihan.

Kembali ke Akar, Tapi Lebih Modern

Monster 2026 terinspirasi langsung dari model orisinal 1992, motor yang menciptakan segmen naked bike modern. Filosofinya masih sama: “segala yang dibutuhkan, tidak lebih.” Tapi kali ini, Ducati menulis ulang resep legendaris itu dengan material dan teknologi masa kini.

Desainnya kini lebih ramping dan ringkas, tapi tetap menonjolkan bentuk tangki “punggung bison” khas Monster. Lampu depannya sudah full-LED dengan tampilan robotik bergaya Ducati DNA, sementara bagian belakang tampil lebih pendek dan ringan, mempertegas siluet sporty-nya.

Jok lebih rendah (815 mm), bisa diturunkan lagi hingga 775 mm. Jadi, meskipun terlihat garang, Monster 2026 tetap bersahabat buat banyak postur pengendara. Di bawah tangki, logo perisai Ducati ditemani koordinat pabrik Borgo Panigale, sentuhan kecil yang membuatnya terasa istimewa.

Tenaga Baru: V2 dengan Timing Variabel

Ducati Monster 2026 menggendong mesin V2 terbaru 890 cc dengan teknologi IVT (Intake Variable Timing). Mesin ini bukan cuma ringan 5,9 kg dari versi sebelumnya, tapi juga punya interval servis rekor: 45.000 km untuk pengecekan katup, terpanjang di kelasnya.

Tenaganya mencapai 111 hp di 9.000 rpm, dengan 80% torsi sudah hadir sejak 4.000 rpm. Responsif di putaran bawah, buas di putaran atas, karakter yang membuat Monster tetap nikmat dikendarai di jalan raya, tapi juga memacu adrenalin di tikungan gunung.

Sasis Superbike, Kenyamanan Harian

Monster baru ini memakai rangka monokok yang menempel langsung ke mesin, terinspirasi dari Panigale V4. Kombinasi dengan suspensi Showa dan lengan ayun dua sisi membuatnya 4 kg lebih ringan dari generasi sebelumnya, total bobot kosong 175 kg.

Rem Brembo dengan cakram ganda 320 mm dan ban Pirelli Diablo Rosso IV memastikan motor ini aman sekaligus menyenangkan di semua medan. Sementara stang lebih tinggi dan posisi duduk ergonomis bikin pengendaraan jarak jauh tetap nyaman.

Elektronik Paling Lengkap di Kelasnya

Ducati membekali Monster 2026 dengan sistem elektronik berbasis IMU 6-sumbu: cornering ABS, traction control, wheelie control, quickshifter 2.0, hingga empat mode berkendara: Sport, Road, Urban, dan Wet. Semuanya bisa diakses lewat joystick baru berbentuk kelopak dan layar TFT 5 inci yang sudah siap navigasi turn-by-turn.

Bebas Kustom, Sesuai Gaya

Karena Monster bukan cuma soal performa, Ducati juga menawarkan sederet aksesori resmi: dari serat karbon, aluminium billet, jok Alcantara, sampai knalpot Termignoni titanium. Semuanya bikin Monster 2026 bisa tampil lebih badass sesuai kepribadian pemiliknya.

Siap Hadir 2026

Ducati Monster 2026 akan mulai tersedia di dealer Eropa pada Februari 2026, disusul Amerika, Jepang, Australia, Thailand, dan Tiongkok. Dua pilihan warna, Ducati Red dan Iceberg White serta dua versi (Monster dan Monster+) siap menggoda para Monsteristi di seluruh dunia.

Monster bukan sekadar motor, tapi perayaan tiga dekade gairah berkendara ala Italia. Dan di 2026, Ducati memastikan, semangat itu belum padam sedikit pun.