Siang itu, muka Singgih cemberut.
Baru saja ia tiba di Yogya, dari Salatiga. Dekat sebenarnya, dekat ke Semarang maksudnya. Ia bersama 2 mobil lain dan sejumlah anak-anak Salatiga yang jenaka dan kompak, seperti Cendi Lemu, Richard, Bambang, Abdul dan Ifergi.

DeepEnd yang mengincar Starkonya sejak 2 minggu sebelumnya, terlintas jurus ampuh. Yaqueen! Buanget.
Sekejap ditanya, “Mas, saya mau liput Starko biru.”
Mereka kaget. Juga 5 kepala lainnya yang ikut berkerumun, ikutan kaget.
Singkatnya…, mereka menyangka DeepEnd hanya mau meliput premiere league.

DeepEnd jelaskan singkat, “Kami meliput mobil dengan estetika dan fungsi serta memiliki storytelling yang membuat mobilnya makin bernilai.”
Detik itu juga roman muka Singguh menjadi ceria.
Dua jam kemudian, Starlet kotaknya telah lebih kilap dan kempling. Siap difoto.

“Mobil ini dibeli karena tukar tambah dengan Chevrolet pick up saya. Tetangga saya itu lebih mementingkan pick up daripada Starletnya,” ucap Singgih Anugrah, begitu nama lengkapnya. Pick up untuk niaga, dan Starko hanya jadi penghuni garasi. Kalkulasi barter yang lumayan aneh. Namun kemudian, Starko menjadi daily warrior, setelah menggantikan peran dan fungsi Grand Civic yang biaya maintenancenya semakin lama semakin menguras dompet.

Starko finally keluar dengan tampang ala kadarnya. Wajar, statusnya mobil tempur.
Eh dalah, musim hujan jadi menteri kominfo.
Baru kelihatan ada bocor dimana-mana. Ya atap, ya pintu, ya kaca. Sejak itulah, masuk bengkel cat dan bodi. Sekaligus dimods, walau malu-malu.

Pertama, pakai replika Hartge 8-9 inci. Gesrot sana-sini.
Kedua, replika 3SDM 8 inci rata dengan offset 30, dan cocok.
Saat itu, meet up semakin ramai. Malu juga pakai velg replika. “Saya bertekad buat ngumpulin uang demi membeli Work Seeker DX Japan OG,” ucap punggawa Anugrah Jaya Mandiri (AJM) Wheel Store ini. Saking kuatnya tekad, maka tabungan berlebih. Velg yang (dulu) ready 2 set di Indonesia, diambil semua oleh Singgih.

Wong edyan!
“Yang 8 rata saya pasang, yang 9 rata dibeli sama teman di Bandung, mas Negy Junanda, yang beliau tempel di Suzuki Splash viralnya dia,” ucap kelahiran Salatiga 25 Maret. Akhirnya setelan itu membuatnya enak dilihat dan tak terlalu mengganggu fungsionalitas kemudi dan suspensi. Semenjak fitment terakhir ini, Starko mendapatkan banyak apresiasi publik, baik offline maupun online.

Setelah Starko terkenal, Singgih makin menjadi!
Dia kepengin BBS RS 009 dengan lebar 8 rata dan offset 11. Karena spek yang begitu kecil ET-nya, maka nongol banget. “Akhirnya kaki-kaki dibuat di mas Ambon, Laris Understeel, karena harus camber depan-belakang. Dibantu dengan teman-teman saya, mas Rosy Bayu dan mas Surya Burladas pada zaman itu untuk mengikuti event Fitment Freaks di Jogja,” jelas Singgih panjang lebar.

Tapi artikel ini memang pada akhirnya hanya cerita pergantian velg belaka. Juga memberikan gambaran telanjang bahwa Singgih ini pembosan yang setia. Sepanjang ada ide baru, mobil kesayangannya ini siap dipermak ulang.

Akhirnya, bodi dicat biru, dan kecolok Work Seeker GX 16×8.5 inci all round.
Mengapa kembali ke Work Seeker?
Tipe ini menjawab semuanya. Model, ukuran, harga dan potensi jual kembali. Pada bannya, digunakan ban Achilles ATR Sport 165/45R16 yang ekonomis dan bentuk nariknya ban yang mendukung fitment.

Desain velgnya pun lucu, berbentuk piring, sehingga tak salah nempel bodi mobil yang little boxy. Mirip sekali dengan pagupon alias kandang merpati yang kotak-kotak. Lama-lama kelamaan di kalangan terbatas, Starko biru dipanggil Gupon!

Yeah, Gupon yang keren. Disematkan jok Recaro LX, setir Nardi, engine refreshment, dan pengecatan bumper yang lebih tepat. Kemudian percaya diri, masuk dan join Partai Neraka 3 sebagai mobil peserta.

 

Yang asyik, boleh dibold dan underline, bahwa Gupon mampu mempunyai banyak teman. “Mobil ini yang bikin saya dikenal orang,” aku Singgih. Intinya, mobil ini sudah menemani lama, “Dan akhirnya saya bisa jualan atau berbisnis kecil-kecilan jualan velg mobil yang sekarang buat menopang perekonomian keluarga saya. Saya bangga sama mobil ini!”


Workshop:
Wheels & tyres: Anugrah Jaya Mandiri @ajmwheelsstore
Undercarriage fitment: Laris Understeel @larisundersteel
Custom shockbreaker & maintenance: Markeso Understeel
Body paint: KS Garage @ks.project_

Data Mods:
Custom painting, Work wheels Seeker GX 16×8.5 inches, Achilles tyres ATR Sport 165/45R16, custom coilover, Nardi steering wheels, TRD shift knob, Recaro seat LX, custom door trim