Masterclass automotive’s dream collection.
DeepEnd akui sedikit-banyak iri dengan pemilik monster kecil ini!
Mobil ini utuh, punya aliran benar-benar racing. Barang yang menempel, bukan kelas marketplace reseller, melainkan treasure hunt yang mint, rare bahkan ada yang NOS saat dibeli.

DeepEnd needs a long-long-long time to write this article.
Mata awam mungkin kelewat. Visual DeepEnder bisa jadi kurang awas. Tapi mata JDM enthusiast tak bisa ditutup-tutupi, sebab dengan mengendus pun tahu, Estilo ganteng ini punya material langka.

Sssst…, DeepEnder kayaknya kelewat soal kacanya.

Iya, kaca itu tanpa film. Tapi Cromax.
Warnanya cokelat, sesuai JDM. Yang cokelat itu ya kacanya.

Kaca Cromax identik dengan cokelat, yang aslinya dari kaca itu sendiri versi JDM atau EDM bahkan USDM-nya. Cromax sendiri macam-macam, ada juga hijau dan biru. Civic Estilo versi lokal, hanya bening polos biasa, tidak berwarna.

Tapi yang edan, ini kacanya full Cromax. Kaca belakang, kaca samping hingga kaca depan. Faktanya, di depan, sudah tak ada logo Honda “Wax Ok”-nya.

Ini tentang idealisme.

Harus perfect sampai detail. Walau effortnya “tak kelihatan”. Padahal ngebawanya setengah mati. Berkali-kali pecah. Ekspedisinya hanya mampu mengganti 1 kali saja. Akhirnya, dijemput di Jakarta, lantas diboyong ke Malang.
Mau tahu harganya? Yang depan saja 11 juta perak. Semua itu penuh perjuangan, dan buang uang banyak. Dipasang hati-hati, dengan sealant khusus, serta tetap harus beli karet kaca depan baru.

Gimana, DeepEnder bisa sampai sedalam itu kalau main mobil?
Jika belum bisa, setidaknya tahan diri buat berkomentar. Di atas langit, ternyata masih ada langit.

Oke, mari kita bahas yang selanjutnya yaitu mesin. Pasti galau, gulana, bahkan nggilani.

Dipilih mesin B16B, yang berkarakter high rev engine. Mesin yang sukses, sekaligus mesin pertama Civic Type R yang sudah LSD, punya short shifter by Civic Type R atau EK9, dan kalau diupgrade lagi bisa menyentuh 11.000 rpm.

Estilo milik Bombom ini beruntung terpasang mesin dalam kondisi utuh, dimana kita tahu hal ini tidaklah mudah. Lewat bantuan David Herrys, pentolan Safehouse, terjadi rokade dengan Estilo lain. Beruntung kedua, pemilik mesin sebelumnya sudah melakukan proses refreshment internal mesin. Lewat David Herrys, dipandu finalisasi pengerjaan mesin, bersama bengkel Focus Speed Malang.

Kemampuan dapur pacu, juga ditopang peranti pendukungnya. Transmisi Type R merupakan bawaan EK, jadi sudah LSD. Plus ECU dari Hondata, yang sudah full remap serta telah didyno oleh WW Auto Technic, Surabaya.

DeepEnd menaikinya sebentar di Malang. Performa mudah diduga, mampu membangkitkan adrenalin. Apalagi unsur estetika yang serba orisinal itu merupakan catatan tersendiri. Happiness adalah kunci kebahagiaan. Serta seluruh parts terpasang dengan baik tanpa harus bolak-balik bengkel.

Selanjutnya, cobalah perhatikan keberadaan Mugen. Nampak ada di mana-mana.


Mengapa milih Mugen?

Nama yang dekat di hati tapi jauh di kantong. Hanya orang tertentu saja yang mau komit memilih merek ini, dikarenakan 2 hal yaitu langka dan mahal. Bukan cuma itu, terkadang tidak masuk akal. Misal setir itu, sekarang harganya sudah lebih dari 30 juta rupiah. Nah, ini mahal atau enggak masuk akal menurut DeepEnder?

Mugen Motorsport itu memang istimewa. Fokusnya adalah memproduksi komponen OEM seperti body kit dan knalpot untuk Honda Motor Company. Pendirinya, Hirotoshi Honda, sebenarnya adalah anak pemilik Honda, Soichiro Honda. Tapi Hirotoshi ini idealis, kayak DeepEnd gitu deh, dan tak mau hanya mengurus kerjaan dari ayahnya. “Saya dibesarkan untuk tidak mengharapkan tempat di perusahaan ayah saya,” kata Hirotoshi.

Tahun 1973 ia membentuk Mugen Motorsports. Semuanya performance spec, plug and play dan kerap dipalsukan. Maka jangan heran, main Mugen itu seperti mainannya golongan yang paham dan sanggup saja. Tapi sesungguhnya, barang Mugen memang rare bin mahal.

Di mobil milik Bombom, kelahiran 15 Oktober, tak hanya velg yang Mugen. Tapi termasuk rem dan coilover. Di dalam kabin terdapat setir, boss kit, shift knob dan pedal. Belum lagi di sektor mesin dan area bibir bumper depan.

Brand Mugen beradu jumlah dengan komponen-komponen Honda EG6 yang berada di kabin, body parts dan instrument cluster. Soal pilihan convert ke EG6 ini memang dipikirin sampai detail printilan, yang honestly sulit dicari. Semisal heater vanity mirror dan folding mirror. Nampaknya sepele, buat apaan sih, tapi ya itu…, diburu!

Barang-barang rare lain adalah dudukan engine mounting lengkap orinya EG6, auto door locks Honda Access, auto climate beserta modulnya otomatis serta switch fan, adjusting leveling lamp termasuk modul dan juga switchnya, air purifier Honda Access, karpet Honda Access, decals asli Honda Access EG6 dan fog lamp belakang. Bahkan masih ada yang belum terpasang karena takut hilang.

Membangun mobil dengan sepenuh hati ikut posisi yang pada negara asalnya itu adalah goal yang dimiliki. Di sini DeepEnd ingatkan, pilihan ada pada tangan DeepEnder, mau milih aliran JDM, EDM atau USDM. Setelah memilih, lanjutkan dengan fokus. Jangan kendor.

Acapkali kita melewatkan barang bagus seperti milik Bombom ini.
Bisa jadi decal sticker yang menempel di bodi samping itu, juga tak kalian lihat?
Padahal ada kode Jepangnya loh.
Sekarang, Honda 2 pintu hatchback yang legal masuk Indonesia ini lebih banyak berdiam di basement rumah. Bombom lebih sering pergi gowesan.

 

Trik Merawat Mobil Retro

AMATI, ANALISIS DAN LAKUKAN DENGAN TELATEN

Bagaimana cara merawat kendaraan retro?
Sebenarnya tak sulit merawatnya. Hanya butuh perlakuan berbeda dengan cara merawat mobil baru. “Bedanya adalah kalau mobil baru catnya kan masih dalam kondisi yang baik dari segi material dan bahan catnya. Sedangkan mobil lama sudah melewati masa oksidasi udara yang berubah-ubah mengikuti iklim yang ada. So harus lebih hati-hati lagi dalam merawatnya apalagi sewaktu habis dicuci ataupun pas musim hujan,” ungkap David Herrys, dari Safehouse, car detailing workshop.

David Herrys menjelaskan panjang lebar sebagai ilmu buat kita:

1. Cuci Mobil
Untuk musim hujan biasanya untuk mobil retro butuh pengeringan yang lebih baik. Teliti daerah kisi-kisi engsel supaya tidak terjadi karat di berbagai bidang terutama di daerah yang menyimpan banyak air. Kemudian untuk bagian kolong mobil sangat perlu diperhatikan apalagi di daerah inner fender mobil tersebut harus kita bilas dengan baik juga jangan sampai ada kotoran sisa yang tertinggal. Setelah dibilas, diusahakan untuk cepat dikeringkan, karena kita tidak tahu kolong tersebut sudah berapa lama terkena air, udara tidak baik atau kondisi yang kita tidak tahu dapat menyebabkan karat dengan cepat. Di Safehouse sendiri, “Kita sediakan layanan cuci premium, dimana setelah dicuci kita melakukan pengeringan di undercarriage dan daerah inner fendernya, bahkan hingga ke per dan peredam kejut.”
Sedangkan untuk musim kemarau pada mobil retro jangan dicuci pada terik panas sehingga tidak menyebabkan swirl max (laba-laba). Kemudian kalau sampai terpaksa dilakukan pengeringan menggunakan blower angin. Dan jangan pakai kanebo yang menyebabkan baret halus muncul terutama mobil hitam. Walaupun memang pada warna cerah, hal ini tidak terlalu terlihat.

2. Polishing
Mobil retro harus lebih hati-hati lagi dalam memoles. Biasanya cat mungkin sudah tipis atau sudah mau habis. Dikatakan habis itu sudah ada unsur kelihatan cat dasarnya. Benar-benar harus menggunakan buffing pad halus kalau pada waktu poles, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. Mesin
Untuk mobil retro, hat-hati dalam membersihkan ruang mesin, terutama di area kabel-kabel dan kelistrikan. Sekali basah bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Ada baiknya menyiapkan kompresor atau blower angin. Dan untuk mobil premium biasanya diharapkan mencopot aki terlebih dahulu negatifnya untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan. Tutup alternator dengan plastik sehingga pada waktu pembersihan tidak kemasukan air yang bisa menyebabkan korslet ataupun aki tidak mengisi sempurna. Pembersihan di daerah busi dan koil juga harus telaten.

4. Interior
Seluruh jok diperhatikan terlebih dahulu apakah baut-baut bisa dilepas atau sudah karatan. Dilakukan dengan penuh kesabaran, tidak bisa terburu-buru. Kemudian pas dibongkar, perhatian penuh mutlak dilakukan pada kabel-kabel terutama sensor air bag, seat belt dan electric seat. Pada door trim perhatikan kain-kain yang lepas. Hendaknya dikerjakan dengan hati-hati. Bersihkan dengan bahan khusus untuk interior detailer. Kalau kulit, gunakan bahan khusus leather cleaner. Tambahan untuk kain plafon, perhatikan bahannya, apakah kain, kain press-pressan atau kulit. Pembersihan dilakukan dengan bahan-bahan detailer yang sudah disesuaikan pada umumnya.


Workshop:
Safehouse @safehousemlg

Data Mods:
Honda B16B engine, ACT clutch transmission, AP racing master clutch, Mugen air intake, Mugen header by Jasma, Mugen full system exhaust Twinloop, Hondata ECU, Mugen front lips, OEM Honda EG6 rear bumper fog lamp, Stanley headlight w/ Honda EG6 leveling, Mugen brakes, Mugen wheels MF10 15×6.5 inches, Bridgestone tyres Turanza 195/50R15, Mugen coilover, Mugen steering wheels FG360, Mugen boss kit, Mugen shift knob, Mugen pedal, OEM Honda EG6 fully interior, OEM Honda EG6 instrument cluster, OEM Honda EG6 auto door lock, OEM Honda EG6 cluster meter, OEM Honda EG6 door locks USDM version, Cromax laminated brown glass