“Harapan saya, dunia modifikasi di Indonesia makin seru dan solid, serta tentunya bisa jadi panutan untuk orang-orang di luar negeri. Apapun jenis/aliran modifikasinya patut dihargai karena modifikasi buat saya seperti seni dan warna/selera orang berbeda-beda.”

Siapa yang berpendapat ini?
Influencer?
Key opinion leader?
Buzzer?
Bukan!

Ternyata Togu Jordan Jesaya Partogi, sang pemilik E36 323i, yang bersuara.
Tak banyak yang mengenalnya. Bahkan tinggalpun bukan di Jakarta. Lebih di tepiannya, yaitu Tangerang. Mobilnya pun bukan incaran sultan. Bukan juga yang rare, target koleksian buat digoreng kenyang harganya.

Tetapi menjadi menarik. Amat teramat sangat.
Sebab persona seperti Jordan ini punya opini yang lincah dan tegas sekaligus membooster spirit kita akan karya-karya modifikasi Indonesia yang sejatinya layak diapresiasi secara global. 

Well, itu bekal utama.
DeepEnd percaya Jordan pun akan terus level up.

Sejak dari Suzuki Ignis hingga ke BMW seri 3 ini, Jordan kebanyakan bergonta-ganti velg.
“323i ini memang sesuai moto ‘sheer driving pleasure’ yang buat saya beneran memang enak dan fun to drive,” kata penyuka fotografi. Lagipula pada umumnya brand keluaran Jerman sangat memperhatikan segi fungsi dan everlasting design.

Jordan punya style modifikasi yang simpel, tanpa ini-itu di bodi mobil.
Suspensi udara dengan tucked/slammed fitment. Velgnya sendiri dicustom dari Lamborghini VT keluaran OZ dengan 3-piece construction. Spek lebar ada di 9.5 di depan dan 10 inci di belakang. 

Tapi dari luar, cenderung mata publik melihat ke kaki-kaki semata. Padahal warna asli mobil Boston Green sudah diganti Alpina Green Metallic II. Sedangkan aksesori bumper, hekcspoiler, heckblende, side skirt dan lainnya memakai original part number BMW. Soal original part number, sebagaimana kita tahu, harganya lumayan mahal dan di Indonesia sangat terbatas.

“Saya merasa sangat puas karena buat saya ini seperti achievement untuk bisa memodifikasi mobil impian saya dari kecil dan menjadi kebanggaan tersendiri untuk bisa buat mobil ini menjadi identitas saya,” ungkap pemilik postur 176 cm/109 kg.


Workshop:
Air suspension: BRF CustomWorks @brfcustomworks
Wheels & tyres: Reborn Garage Cibubur @reborn_garage_cibubur

Data Mods:
Alpina green metallic II Spies Hecker, OZ Wheels Lamborghini Diablo VT 17x(9.5+10) inches, Accelera Phi-R 215/40R17, Airpro suspension, M3 look interior retrim, BMW Motorsport seat belt, BMW M3 speedometer, BMW M3 E36 euro steering wheel, Hella heckblende, M Tech body kit w/ part number, M3 body list w/ part number, BMW deleted plate number w/ part number, BMW M3 E36 door sill plate w/ part number, BMW Motorsport heckspoiler w/ part number, M Tech lips bumper w/ part number