Nah, yang sekarang ini bikinan General Motors.
Basisnya padat dan kencang. Desainnya lumayan ekstrem.
Bahkan cenderung, “Nakal,” ungkap Vari dari Auto 66.

Keistimewaannya di mata Vari, antara lain ukurannya big size, handling enak dan slammed body drop. Soal terakhir ini, dilakukan secara kustom.

Secara peringkat, Chevrolet K10 Stepside banyak menjadi bahan kustom maupun custom Amerika. Bentuknya bisa menjadi bagged atapun slammed patina truck. Atau dibuatkan shop truck tapi bagged patina. Bahkan secara karakter dan aura, kebanyakan liar dan nakal.

Kendala Vari adalah saya mengubah sasis dan membuat body drop. Ya kali membeli sasis baru yang sudah direinforced dan semakin enteng kan mahalnya bukan main.

Namun Auto 66 itu mirip pejuang-pejuang kita zaman PETA dulu. Gagah dan berani. Tak kurang-kurang nyali untuk memotong atau mengelas sasis. “Jangan takut, mas! Habiskan!” ucap Vari yang ngebengkel di Jl. KH. Ali Maksum No. 1, Yogyakarta.

Selain sasisnya, K10 Stepside biru ini emang berkutat pada modifikasi sistem suspensi, konstruksi kaki-kaki, reposisi roda dan masih banyak lagi yang intinya untuk membuat body drop. Sebab roda sebesar itu kudu-mesti-wajib masuk ke dalam spakbor saat direndahkan.

Belum lagi ada suspensi udara yang memudahkan pergerakan dari air out hingga ride mode. Namun yang juga bikin takjub adalah penempatan indikator-indikator suspensi udara tersebut yang berada di belakang lingkar kemudi. Dari situlah Vari memantau ‘kesehatan” suspensi besutannya. Satu demi satu titik suspensinya memiliki indikator. Bahkan tekanan tangkinya juga termonitor dengan jelas.

Di seberang kanannya, terdapat indikator performa mesin dan kelistrikan. Juga ada tuas on/off lighter, wiper dan lampu. Semua bekerja fungsional, terlihat modern namun match dengan patina style yang juga masih dibiarkan bersemayam, di dalam kabinnya.

Truk seri C/K ini diproduksi selama 18 tahun oleh General Motors, dari tahun 1973 hingga 1991. Merupakan model truk pickup Amerika terpanjang ketiga yang diproduksi, mengikuti posisi Dodge pick up D/W-series/Ram dan Jeep Gladiator/Pickup.

Uniknya, mobil ini memiliki anak tangga untuk pijakan naik ke atas pick upnya. Di situlah anak-anak akan mengingat betapa menyenangkannya seri C/K ini sehingga kemudian ketika baby boomer sudah eksis, mereka berbondong-bondong membeli kemudian memodifikasinya.


Workshop:
Body, interior, engine & air sus: Auto 66 Yogyakarta
Wheel & tyre: Godwheels Company @godwheelscompany