Sepintas dari spion samping, nampak sosok yang cling-clean.

Semakin lama diintip, semakin yakin ini bukan sedan biasa. Kecil saja, bukan bongsor. Kotak…, bukan berkeluk aerodinamis. Cuma ya kok di lajur kanan terus ini. Pajero DeepEnd segera melipir ke tengah. Penasaran!

Dan betul.

Sosoknya memang sangat Original Equipment Manufacturer, tapi yang ini OEM +. DeepEnd merasa pemiliknya memang go into deep details and refreshed for all sector.

Sekilas pandang, terdapat beberapa barang menempel yang sulit ditemui di market. Butuh kesabaran dalam pencarian, pasang kuping dan pantengin forum dan marketplace.

Diantaranya adalah:
E30 High Back Sport Seat M-Technic termasuk dalam kategori yang Ultra Rare.
Begitupula E30 Inner Door Sill Plate M-Technic for 4 Doors, E30 Arm Rest With Cup Holder, E30 Tidy Boot with Triangle Reflector and Emergency Kit dan BMW E30 hirschmann antenna with logo.

Sedangkan yang termasuk dalam kategori Rare adalah E30 Grey Coin Tray, E30 Brake Air Duct M-Tech 2, E30 OBC, BMW Style 5s/BBS RZ 469 16×8 inci, E30 3rd Brake Lights dan BMW E30 Rear Deck Tray Factor Premium Speaker Case.

Konsep modifikasi OEM + ini secara menyeluruh diutamakan dalam koridor orisinal dengan mengunakan komponen yang tidak keluar dari brand mobil itu sendiri. “Ataupun menggunakan update teknologi terkini guna mengejar improvement mobil tersebut,” kata Hendrick. Walaupun begitu, terdapat ‘keterbatasan’, sehingga terjadi juga improvement di luar OEM Brand yaitu pada penggunaan coilover, audio (apple car play dan android auto).

Kesimpulan awalnya adalah keinginan Hendrick memberikan time machine experience, apabila pada era 1990-an pembelian BMW E30 dapat dilakukan dengan metode tailor made yang merupakan opsi oleh showroom untuk pilihan mesin, interior dan eksterior.

Tapi ternyata bukan sekadar menggenapi barang-barang langka. Melainkan melakukan hal yang bukan kepalang tanggung: engine swap.

 

Penggantian mesin ini menggunakan full M60B30 berserta transmisi automatic dari BMW E34 untuk menggantikan mesin asli E30 M40B18 manual. Kelahiran Jakarta 28 Mei ini melanjutkannya dengan memakai coilover dengan spring rate yang dapat disesuaikan. Hal ini dikarenakan tak adanya opsi sport kit dari sasis E30 yang specifically dapat menopang konfigurasi mesin M60B30.

Dengan mesin sebesar itu, pun outputnya, sektor rem dipastikan wajib mampu menahan lonjakan tenaga mesin. Hendrick segera putar otak. Menggunakan campuran beberapa BMW series yang lebih muda, dari E46 dan E39, dengan mengubah menjadi ventilated dengan diameter disc brake yang lebih besar untuk depan dan teromol belakang menjadi disc, dengan tetap mempertahankan offset dari E30.

Tapi membawa mesin V8 butuh ketahanan bodi. Apalagi dari segi usia, patut diduga sudah ‘lemah’ dalam mengimbangi lonjakan tenaga dan torsi. Body reinforced menggunakan metode wing tambahan dari E30 cabriolet untuk tower suspension. Pada bagian sasis, under carriage diperkuat dengan mengganti sisi yang melemah baik dari karat dan usia dan mempertebal bahan sasis itu sendiri.

Kesimpulan akhir adalah kita boleh menyebut sedan ini menjadi BMW E30 V8 M-Technic 2. Dengan catatan 3 aspek penting, yaitu:

  • Go into deep details and refreshed for all sector.
  • Body and chasiss reinforcement.
  • Refreshed and improved.

Couldn’t agree more.


Data Mods:
BMW E34 M60B30 full w/ AT transmission & axle, BMW E46 steering rack, BMW E90 custom fit to E30 lower engine cover, custom build equal length headers, full M-Technic 2 body kit, OEM Hella smoke head lamp, NOS BMW tail lights, NOS BMW E30 fog lamp, NOS BMW E30 front signal lamp, new BMW E30 logo front & rear, BMW E30 Hirschmann antenna w/ logo, Mtech 2 E30 brake air duct, E30 325i side mark indikator, BMW Style 5s/BBS RZ 469 16×8 inches, Michelin Pilot Sport 4 Tires, 3M automotive window film Crystalline series, custom retract mirror, BMW E34 custom fit to E30 istrument cluster, BMW E34 AT shifter w/ Sport mode custom fit to E30, E30 High Back Sport Seat M-Technic w/ red seat belt, E30 inner door sill plate M-Technic for 4 doors, E30arm rest w/ cup holder, E30 tidy boot with triangle reflector & emergency kit, E30 coin tray, E30 3rd brake lights, E30 map light mirror, BMW E30 rear deck tray factor premium speaker case, BMW E30 OBC, BMW E30 panel check control w/ seatbelt sensor, Pioneer head unit fold screen w/ Apple car play & Android auto, Glasurit BMW Delphin Metallic 184

Workshop:
Body & paint works: Fin’s Garage @fins.garage
Engine works & under carriage: Bengkel Wasi Motor @wasimotor
Electronic works & detail interior setup: Alung @alung_jono & @steven_andres08
Engine tuning: Midas RT @midas_rt