Paling enak kalau DeepEnd keluar kota buat liputan, terus dapat kesempatan bisa naik motor.

Ingat, berkawan dengan banyak penggemar otomotif, pasti dapat banyak wawasan dan ilmu.

Dan di Solo, DeepEnd numpak Vespa Sprint. Asyikkk lah. Liak liuk. Dapet angin sore di kotanya Pak Jokowi.

Pengendalian yang lincah untuk dalam kota, serta brand image Vespa yang berbeda dari motor scooter lainnya, jadi nilai tambah. Bahkan aftermarket parts yang sangat banyak, baik performa maupun aksesori penunjang tampilan.

Warna abunya cakep ya. Ada sentuhan lis merah dan hitam. Siapapun yang tepat memberikan sentuhan grafis, boleh dibilang ia punya taste modifikasi.

Motornya sendiri sedap dilihat. Bentuknya slim dan sleek. Perkuat pada bagian kaki-kaki jadi kuncian awal. Brembo berpadu floating disc brake, selang rem braided Hel, shock tabung Zelioni, ban soft compound dan fork cover Zelioni. Kombinasi-kombinasi yang menjadi favorit. “Selain terlihat gagah, tentunya modifikasi yang saya lakukan berfungsi dengan baik,” ucap Mr. S.

Tidak ada yang sulit dalam modifikasinya. Sebab semua barangnya plug n play. Sedikit saja ditemui pada saat pemasangan bracket Zelioni untuk Brembo yang melenceng sedikit. Jadi mesti diakalin karena mentok, “Tapi tidak terlalu mengubah bentuk dari bracket itu sendiri,” ujar Mr. S.

Zelioni sendiri berasal dari Taiwan. Fokus pada Vespa modern. Harganya berbanding lurus dengan kualitasnya. Kita bahas sedikit shock depannya. Modelnya full sub tank. Karakternya cukup empuk dan street orientation. Lebih nyaman disebabkan rebound dan compressionnya bisa disetel, “Berbeda dengan shock standar yang cenderung keras, atau merk lain seperti Ohlins dan Bitubo yang cenderung race orientation, sehingga agak keras.”

Bagi pemilik skuter Jepang, mesti latihan beberapa kali untuk merasakan karakter dan aura motor ini. Sebab handlingnya termasuk kaku/rigid khas Eropa, berbeda dengan motor Jepang yang lebih luwes. Harus terbiasa terlebih dahulu sebelum tahu seluk-beluknya. “Tapi asalkan ban soft compound, shock bagus dan kondisi jalanan bagus siap nikung deh,” ungkap Mr. S.


Workshop:
Accessories: Boss Vespa @bossvespaid
Exhaust & all installation: Timuran Speedshop @timuranspeedshop
Coating & livery: Drivetech Auto Garage @drivetechautogarage

Data Mods:
Puig hand grip, Puig bar end, Zelioni brake lever, Pirelli tyres Angel Scooter 120/70-12, Hel stainless steel braided brake lin, Zelioni fork cover, Zelioni front suspension, Zelioni disc brake, Brembo caliper P4 4 pot, Zelioni brake bracket, Power1 indicator sign, Mono Nostra stop lamp, Zelioni rear rack, Zelioni rear foot rest, Zelioni speedometer list, Tony Scooter cover fan, Ixil exhaust full system